Melanjutkan kisah Tiger yang katanya mau Disuntik Mati.. Selain Honda Tiger, legenda roda dua lain menurutku adalah Yamaha RX King dan Suzuku Satria 120 R (dua-duanya benar-benar tinggal legenda). Dua motor ngebul alias dua tak yang cukup membanggakan dan bikin gonjang-ganjing para pencinta motor pada jamannya.
Kita tangok pertama RX-King
Motor enteng dengan kecepatan sadis dan terkenal sebagai motor jambret ini sekarang sudah di diskontinyu oleh YMKI. Padahal produksi terakhir sudah mengadopsi system pembuangan yang lulus Euro2 layaknya Ninja 150 yang sama-sama menganut mesin dua langkah. Tapi hembusan miring tentang pelarangan motor ngebul ngaspal di jalan protokol dan juga regulasi MotoGP dari 2 tak ke 4 tak yang dipelopori oleh Honda waktu itu, membuat motor-motor 2 tak di tanah air klepek-klepek kecuali Ninja 150 yang tetap berjaya sampai sekarang..
Meski penggemar RX KIng sampai sekarang masih banyak, (saya juga meminang secondnya di tahun 2003 dan dijual kembali saat kabar miring tentang 2 tak berhembus di tahun 2004) bahkan ada yang mengimpikan keluaran barunya, juga kabar pemakaian nama dan body sama tapi dengan mesin 4 langkah juga sempat berhembus, Klub-klub RX KIng juga banyak meski tidak sesolid klub Tiger, … toh Yamaha tetap mengkafani si Raja Jalanan ini..
Selanjutnya Satria 120 R
Satria yang melgenda dan mengalami beberapa kali facelift, dari kopeling auto ke manual, dan generasi terakhir CBU dari Malaysia model sirip Hiu yang tak beredar lama. Motor yang sempet punya kelas tersendiri di gelaran balap bebek tanah air, bahkan didatangkan produk senada dari negeri asalnya untuk balap yaitu suzuki AKIRA.
Sekali lagi 2 tak tak bertahan dan di kafani juga sam Suzuki Indonesia , bedanya sama RX KIng, nama Satria tetap di pakai pada product Ayago 4 langkah yang lebih dikenal dengan nama Satria FU dan upgrade CC menjadi 150.
Nah bedanya dengan si Tiger adalah kedua product di atas sama-sama 2 tak, kalo dari sisi RX King si motor jelas musanah alias diskontinyu, kalo dari sisi Satria, tinggal nama besarnya yang dipakai dan cukup mumpuni membawa nama product atau brand image…
Sekarang bagaimana dengan Tiger, kemungkinan yang akan diambil menurut analisa kacamata burem saya adalah versi suzuki satria, yaitu di upgrade, meski cuma tampilannya, misal Ban ring 17 dan menganut Monoshock untuk peredam belakang… Atau bisa jadi mesin tidak memakai GL series lagi, tapi di buat mirip NMP dengan CC yang lebih besar…
Sekali lagi ini hanyalah analisa kacamata burem alias pandangan orang awam..
Semoga bermanfaat…Wassalam
Wah untuk pertamaxxx kalinya nih…
SukaSuka
monggo, gak perlu subsidi
SukaSuka
pertamina wae
SukaSuka
entekno sisan, pertamaxx mundak dadi 7500
SukaSuka
2203 mas bro??? ❓
SukaSuka
Terimakasih klarifikasinya, langsung revisi
SukaSuka
Manteb, dukung opsi ke dua
nama tiger tetap dipake tapi tampang berubah total
Nitip Lapak om: Motor Balap Terkencang di Planet Bumi Suzuki GSX-R1000
http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/01/motor-road-race-terkencang-di-planet-bumi-suzuki-gsx-r1000/
SukaSuka
setuju bro..,
dari TKp
SukaSuka
Mmmm…….Tiger…………ganti total juga nggak masalah sih……………….
SukaSuka
apane sing ganti total ? Shell bae lah, ato Pertamaxx..ik..ik..
SukaSuka
Ki njajal blog anyar mas…….
SukaSuka
okwelah, tek jajale..
SukaSuka
ganti nama kaya kasusnya shogun? wah kalo cruiser pake 17″ rasanya ga cocok. pulsarku malah pengen ganti ban 18″ punya scorpio 😀
SukaSuka
Analisi kacamata berkabut saya, tiger akan di upgrade tp tinggal nama macam NMP.
Dengan asumsi sport non fairing pabrikan tetangga tetap di produksi
SukaSuka
santai pak……., Tiger tetep ada kok, yakin, (tapi upgrade-bukan facelift) he he he , ane dah tau gan!
SukaSuka
iki salah satu yg ngasi bocoran ke ane kemren mas.
SukaSuka
okelah, berarti bener juga kabar CKD CBR 150… *nunggu rondone Paijo ae lah
SukaSuka
setuju bang tigor diup grade jd 250 cc pake mesin CBR250R dgn desain CB1000R.
ngarep.com
SukaSuka
@luvimoto : kebanyakan owner tiger pada ganti ban gambot dengan pelek 17″, termasuk saya
@tafri : prediksi sama.. sippp
@Azizy : Wah kabar dari orang dalam neh,… *SEMANGAD jadinya
@Elex : wah kalo jd 250 saingan ma CBR dunk, mungkin 230nya VTR
SukaSuka
Wah klo di kalimantan selatan yang melegenda si F1ZR si Satria120 hiu walaipun kencang tapi sedikit peminatnya cz warnanya cepet memudar, klo F1ZR masih banyak yang masih mulus
SukaSuka
Emang F1ZR sampe sekarang masih banyak yang berkeliaran, cuma itu product menurutku kurang special gitu, menurutku lho..
maksih dah berkunjung, Kangen neh sama Banjarmasin 2001 dulu…
SukaSuka
Wah, bagaimana pandangan saya yg jauh lebih awam 🙂
SukaSuka
Aku lebih suka satria dibanding tiger… 🙂
SukaSuka
Kalo bebek aku juga pilih satria neng Esti..
SukaSuka
katanya jadi 230cc masdab..xixixi..
SukaSuka
kabar dari orang dalam ya Lek Dab…ak..ak.. *dab apa ya ?
@Kang Haris : tapi kan ga awam dengan Mie … Suses buat Mi janda… Amin
SukaSuka
wah harga terjun bebas kah ???
SukaSuka
Janagn ntar coklek, wis tuwek je…
SukaSuka
waks,jgn disuntik mati,upgrade aja,idaman sepanjang masa tuh,walopun sekarang pke nmp,masih aja ngidam si macan.
SukaSuka
Oks recomended Bro
SukaSuka
mugo mugo harga macan iso murah,aku gek tuku lak sido murah.
SukaSuka
Nek sido Upgrade, kemungkinan mundak Bro, tp tetap berharaplah… iso kejangkau ,..Amin
SukaSuka
Met tahun baru….telat gpp yak 🙂
SukaSuka
Anda telat kena hukuman… silahkan naik Vixion terus pegang kuping kiri …ik..ik..
SukaSuka
tiger di reborn pak de 😀
SukaSuka
ehm..ehm…
Tigor cukup ganti mesin pake dohc 200cc, tentu saja 4 klep. Rangka ikut2an peke deltabox. Ikut2an jg pasang radiator. Monoshock jg dipasang. Ikut2an pake full fairing. Ikut2an pasang injeksi dg ECU programable… Ikut2an pake kompresi 11:1
Trs ikut2an dijual seharga pulsar. Pasti laku tuh si tigor… hahahaha….
SukaSuka
@adi Nugros : setuju.. makin terang neh
@edo : bisa bikin gonjang-ganjing tenan..
SukaSuka
boleh juga idenya… Kenapa Honda nggak ikutan main di produk ayago macam FU… 😀
SukaSuka
si tigor dah ganti jadi apa, mas? rabu ke rumah, ah… mau liat penampakan..
skalian nitip,mas..
SukaSuka