Solusi Bokhlam Putus Pada Pulsar 220


Melanjutkan Solusi dari tulisan yang lalu tentang Projektor Lamp P220 Putus (meskipun sudah banyak yang tahu barangkali), setelah berdiskusi dengan mekanik dan penjaga part di Fontana, saya disarankan untuk membeli lampu penggantinya atawa persamaannya karena di beres stok kosong, (sebenarnya beres Fontana ini sudah order ratusan tapi cuma dikirim lima, kata mekaniknya disinyalir ada yang oknum nakal sehingga beberapa dealer kebagian jatah sedikit, nakalnya gimana? pokoknya nakal gitcu 😀 rahasialah). Apa part persamaannya ? Ternyata adalah bokhlam lampu mobil Suzuki Grand Vitara. Patoannya adalah type lampu yaitu “H7”

philips H7 12 v 55w PX26d

Saya ditunjukin toko gak jauh di kanan dan kiri beres, saya memilih yang di kanan beres selisih beberapa toko, mekaniknya bilang, jangan bilang buat motor takut dimahalin, patokan harga antara 47.000 sampai 75.000, yowes lepas Knee protector, jalan kaki dan langsung bertanya sama si Engkohnya, Beli BOKHLAM TYPE H7 dan yes langsung diambilin, type H7 merk Philips, tapi si engkoh ngelihat jaket yang kukenakan dan “Hebat amat motor Bajaj pakai lampu ginian” ups…ternyata jaketku ada tulisan PulsarDtsi di kiri dada… aku ga ngeladenin celetukan si Engkoh, langsung tanya harga… 48.000 katanya, ga bisa kurang. Langsung sodorin duit gocapan, tapi kok dikembaliin 3.000 xixiixi, ternyata bener kata si OM penjaga gudang part Fontana itu, 47.000 harganya. FYI aselinya kamsude part aseli di beres harganya 77.000, mengapa ini bisa murah, karena….. ntar dulu, mungkin kwalitasnya beda juga. Dibanding Tiger jauh lebih murah, bokhlam Tiger bisa mencapai 115.000 kalo gak salah, tapi awetnya itu. Mantap.

boklam pulsar 220 merk Philips

Balik ke Beres dan dipasangin, ribet banget dah masangnya, nyopotnya si tinggal rogoh saja, begitu masang set dah, uwal uwel, nyempil, kalo N250 legaan, enak masangnya, kata si Mekanik. Disinyalir bokhlam N250 juga sama typenya, tapi hargane Nggilani, 200 ribu, malah lebih mungkin. Oks setelah terpasang dan siap ditest.. Jreng… nyala lagi. Bayar ongkos pasang 25.000. balik kandang deh.

Saat pulang gawe, malem hari baru ketahuan, harga gak bohong gan, ternyata nyalanya kalah ternag sama lampu original P220, biasanya setara bahkan bisa nutup sorot lampu mobil, yang ini kalah telak, agak redup. Meskipun sudah cukup menerangi jalanan. Yoweslah, gak papa. Yang penting tidak gelap-gelapan. memang dari warna bokhlam juga beda, aselinya kaca kebiruan, sedang yang ini transparan biasa. Wassalamu’alaikum

22 respons untuk ‘Solusi Bokhlam Putus Pada Pulsar 220

  1. philips lebig fokus pancaran cahayanya..
    hmm, tapi packingnya ga cakep..
    bohlamnya cuma dilindungi kerdus tok, harusnya ada semacam sponsnya (biar ga tersentuh..
    kemaren tanya, buat vario hargane 35rebu.
    kalo osram 10rebu aja :mrgreen:

    Suka

  2. I simply wanted to write down a small comment so as to express gratitude to you for some of the splendid items you are posting here. My prolonged internet investigation has at the end been compensated with extremely good facts and techniques to share with my best friends. I

    Suka

Tinggalkan komentar